Trik Dalam Memotret Makanan Yang Kreatif Dan Inovatif

Food Photography adalah hobi kekinian di bidang photography yang sangat digemari para Food Photographer, dimana makanan sebagai objek utama dalam Photography tersebut.  Jika ingin menjadi Food Photographer sejati, dibutuhkan beberapa trik dalam memotret makanan, sehingga hasil dari menu makanan yang difoto tersebut menjadi lebih bagus, menarik dan tentunya bernilai seni.

Pemilihan tempat bukan prioritas utama dalam seni Food Photography, tidak masalah jika pengambilan foto dilakukan di restoran ternama atau di Food Street.  Namun, beberapa photographer pemula sering mengalami kesulitan memfoto makanan tersebut agar terlihat mewah dan berkelas. Dengan demikian, dibutuhkan trik dalam memotret makanan dengan hasil yang keren dan sempurna.

1.      Gunakan Kamera Dengan Pencahayaan Yang Terang Dan Fokus

Kamera dengan pencahayaan yang bagus sangat berpengaruh kepada hasil foto yang didapat. Usahakan pencahayaan tetap fokus saat kamera digunakan, dengan demikian hasil foto akan terlihat jelas dan nyata. Agar pencahayaan lebih sempurna dan tepat, gunakan tripot sebagai penyangga kamera saat mengambil gambar tersebut, dan pastikan RAW pada kamera telah stabil

2.      Bentuklah Makanan Dengan Porsi Yang Sedikit Ketika Di Foto

Porsi makanan yang sedikit saat ditampilkan dalam sebuah piring adalah kunci utama dalam pengambilan gambar makanan, karena akan memberikan kesan gambar menjadi menarik dan lezat saat difoto. Dengan tampilan yang sedikit dan sederhana, akan memperlihatkan banyak sisi ruang dari makanan tersebut yang dapat dilihat dan dinikmati dari gambar makanan tersebut.

3.      Pertahankanlah Warna Asli Makanan Yang Menjadi Objek Foto

Usahakan gunakan warna asli saat ingin menghasilkan hasil foto gambar makanan menjadi terlihat bagus dan menggiurkan, karena warna yang norak dan berlebihan akan membuat gambar tersebut menjadi tidak tertarik untuk dilihat. Nah, jadi saat memotret makanan, pastikan komposisi cahaya yang  digunakan pas, sehingga tidak menutupi setiap elemen pada makanan tersebut.

4.      Pastikan Foto Yang Diambil Tidak Kabur Dan Perhatikan Angle Saat Mengambil Foto

Agar foto kuliner menjadi lebih nikmat saat dilihat, yaitu selalu memperhatikan Angel (sudut pengambilan gambar) yang digunakan. Tetap pastikan jika saat memotret makanan tersebut, tidak ada goyangan kecil apapun yang mengganggu saat pengambilan foto, pahami segitiga exposure untuk mendapatkan pengaturan yang tepat. Segitiga exposure membuat gambar makanan menjadi lebih hidup.

5.      Buatlah Tampilan Makanan Sederhana Namun Tetap Elegan

Dikarenakan  makanan adalah objek yang difoto, maka hidangkan makanan tersebut dengan tampilan yang sederhana tanpa memasukkan properti lain yang membuat hasil foto menjadi jelek dan tidak bagus. Gunakan lensa yang besar untuk membuat tampilan selain hidangan makanan menjadi kabur, sehingga penikmat foto akan tetap fokus kepada kelezatan tampilan makanan tersebut.

6.      Ambil Gambar Makanan Tersebut Dari Atas

Beberapa Food Photography profesional mengambil posisi dari atas saat pengambilan gambar makanan, agar terlihat fantastis dan menampilkan seluruh bentuk bahan dasar yang digunakan. Seperti memotret hidangan sate, ketika memotret dari atas, akan terlihat tekstur-tekstur dari potongan daging, lontong, kuah kacang, mentimun dan taburan bawang goreng yang tersaji dalam makanan tersebut.

7.      Memotret Makanan Sambil Beraksi

Banyak cara yang bisa digunakan untuk menciptakan karya seni yang indah pada Food Photography. Cobalah mengambil foto makanan  dengan beraksi pada makanan tersebut. Contohnya, saat mengambil foto hidangan humberger, sebagai food fotografer yang handal jangan hanya memotret hidangan humberger, sisipi dengan aksi memakan humberger menggunakan tangan atau garpu dan pisau.

Itulah 7 trik dalam memotret makanan yang dapat dilakukan sebagai Food Photographer pemula agar menjadi Food Photographer yang handal dan profesional. Makanan yang di tampilkan akan menjadi hasil sebuah karya seni yang luar biasa dalam dunia kuliner, apabila menggunakan insting, perasaan, dan ketajaman rasa saat memotret makanan tersebut. Selamat mencoba!