Tips Fotografi Dengan Kamera Film Untuk Pemula Agar Hasil Foto Memuaskan

Artikel dibawah ini akan memuat tips fotografi dengan kamera film untuk pemula agar foto memuaskan. Berbeda dengan kamera digital yang tidak memerlukan banyak perhatian khusus untuk memotret suatu objek. Sebaliknya kamera film membutuhkan teknik khusus agar hasilnya memuaskan.

1. Tentukan Dan Siapkan Kamera Film Sesuai Kebutuhan

Tips fotografi dengan kamera film untuk pemula yang pertama ialah tentukan dan siapkan kamera film sesuai kebutuhan. Tentunya sebelum lebih dalam mempelajari cara pakai kamera film harus lebih dulu mempunyai dan membeli sebuah kamera film.

Saat ini karena tingginya minat untuk mempelajari kamera film menjadikan kamera ini banyak dijual dengan harga yang bervariasi. Sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan, tetapi tentu saja hal tersebut belum termasuk roll film dan segala kelengkapannya.

2. Pilih Roll Film Dengan Teliti Dan Sabar

Untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan tentulah harus disesuaikan juga dengan roll filmnya. Berbeda roll film akan menghasilkan foto dengan efek yang berbeda pula dan hal tersebut tentu akan menentukan gambar yang dihasilkan baik atau tidak.

Film ini sangat berpengaruh terhadap tone foto, sehingga ketika salah memilih film akan salah juga hasil yang didapatkan. Tidak ingin foto yang dihasilkan tidak sesuai harapan bukan jadi mohon untuk teliti dan sabar untuk memilih film yang sesuai kebutuhan ya.

3. Belajarlah Mengambil Gambar Dengan Sikap Tidak Ceroboh Dan Tenang

Mengambil gambar menggunakan kamera film tentu saja haruslah bagi orang yang tidak ceroboh dan tenang. Ketika orang pengguna kamera film ini tidak tenang dan ceroboh tentu saja akan menghasilkan jepretan gambar yang tidak baik pula.

Perhatikan juga komposisi gambar yang sesuai dengan hasil jepretan yang diinginkan. Terus asah kemampuan dalam mengambil berbagai jenis gambar menggunakan kamera film untuk hasil yang lebih maksimal sesuai keinginan hati agar tidak mengecewakan.

4. Cari Tahu Cara Mengontrol Eksposur

Setelah tahu sikap pengambilan gambar untuk menghasilkan gambar. Menggunakan Kamera film sama saja menggunakan mode manual yang bisa sesuka hati untuk mengkreasikan shutter speed, aperture dan tingkatan ISO dalam kamera film.

Aperture merupakan cara pengaturan cahaya yang masuk pada lubang didalam lensa. Sehingga, semakin baik daya tangkap dari cahaya pada kamera semakin baik pula hasil yang akan didapatkan saat pencucian film untuk melihat hasil gambar.

5. Cuci Film Untuk Melihat Hasilnya

Tahapan terakhir untuk mengetahui hasil jepretan dari menggunakan kamera film selama seharian. Mencuci film adalah tahapan terakhir untuk mengetahui hasil gambar apakah sesuai dengan keinginan ataukah kurang sedikit lagi sesuai keinginan.

Jelas berbeda dari kamera digital yang sekali jepretan foto langsung bisa mengetahui hasil gambar dari layar. Tanpa harus mencuci film dan melalui proses yang panjang. Memang perlu adanya ketelatenan dan kesabaran dalam menggunakan kamera film ini.

6. Perawatan Ekstra Kamera Film Dengan Mereparasi Kamera

Setiap kamera tentu saja memerlukan adanya reparasi atau perbaikan yang berjangka waktu tertentu. Seperti halnya terdapat jamur pada kamera film tentu saja harus dibersihkan bukan agar kamera tersebut tidak rusak dan awet untuk digunakan kedepannya.

Jaga dengan baik kamera film ini karena barang-barang untuk mendapatkan kamera ini juga tidaklah mudah untuk ditemukan. Juga belum tentu untuk mengganti bagian kamera belum tentu murah harga untuk mendapatkannya.

Itulah keenam tips fotografi dengan kamera film untuk pemula agar hasil foto memuaskan. Memang perlu adanya tahapan belajar dan terus mencoba untuk memotret suatu objek agar tercipta hasil yang dihasilkan terhadap momen yang baik untuk dikenang dan tidak akan terulang kembali.