Ingin Bisa Produktif dari Rumah? Ini 5 Bisnis Sampingan Ibu Rumah Tangga yang Tepat

Seoarng ibu yang berada di rumah tetap bisa produktif. Karena banyak ladang bisnis yang sebenarnya bisa dilakukan dari rumah. Bagi ibu rumah tangga yang punya aktivitas rutin tentu mampu menambah kegiatan di rumah dengan memulai bisnis. Selain berpenghasilan, bisnis sampingan ibu rumah tangga bisa untuk menyalurkan hobi dan kebahagiaan Ibu.

1. Freelancers

Maraknya lowongan kerja secara online dan bisa dikerjakan secara fleksibel tentu sangat membantu Ibu rumah tangga bisa mendapatkan pendapatan tambahan hanya dari rumah.
Menjadi penulis konten misalnya, bisa dikerjakan dengan waktu yang fleksibel dan tetap produktif di rumah. Ada juga penulis lepas, menjadi penulis lepas disebuah media online pun bisa menghasilkan pundi rupiah. Tinggal mengatur waktu untuk mengerjakan pekerjaan tersebut dengan kegiatan di rumah.
Beberapa alternatif lain seperti desain grafis, penerjemah, Online marketing adalah pekerjaan paruh waktu yang bisa dilakukan di rumah dan berpenghasilan.

2. Toko Online, Reseller, Drosphiper

Dengan modal hp, laptop dan jaringan internet usaha toko online bisa dimulai dari rumah. Tinggal membuat situs toko online atau daftar via aplikasi belanja online yang sudah ada, seorang ibu rumah tangga bisa memulai bisnisnya dari rumah.
Jika toko online dirasa butuh persiapan lebih dan harus punya produk yang bisa bersaing dipasar.

Cobalah untuk menjadi reseller suatu produk. Bisa dengan menjual kembali barang yang digemari ibu dan anak. Buku anak, kosmetik, peralatan rumah tangga, fashion dan sebagainya. Tak perlu membuka toko online, cukup dengan menawarkan produk yang sudah ada di beberapa aplikasi kemudian tawarkan kembali ke konsumen sekitar.
Selain reseller ada juga sistem dropshiper.

Sistem ini semakin memudahkan ibu rumah tangga jika ingin memulai bisnis. Cukup dengan menawarkan produk kepada konsumen dan pesankan kepada produsen atas nama konsumen tersebut. Barang langsung datang ke konsumen. Tanpa perlu stok barang dan packing. Tentunya ibu rumah tangga harus cari produsen yang memang terbukti amanah dalam bertransaksi.

3. Food Catering

Bisnis sampingan ibu rumah tangga yang bisa dikerjakan dari rumah salah satunya adalah food catering. Bisnis katering makanan ini sangat cocok bagi ibu rumah tangga yang memang hobi memasak. Dengan mengandalkan keahlian memasak, tentunya bisnis ini bisa fleksibel dilakukan tergantung pesanan yang datang.
Bisa dimulai dengan snack box, food box atau kue ulang tahun, tumpeng dan sebagainya. Biasanya jika sudah menyebar dari teman ke teman tentang citra rasa food catering tersebut akan menambah pelanggan. Strategi lain, cobalah untuk iklan secara online dan disesuaikan dengan daerah yang ditinggali. Maka semakin banyak yang mengenal bisnis food catering tersebut.
Selain itu, cobalah untuk menawarkan jasa delivery order. Karena jasa food catering jika ditambah dengan layanan pesan antar akan memiliki nilai plus dan memudahkan konsumen.

4. Toko Kelontong

Garasi rumah bisa disulap menjadi toko kelontong yang siap memenuhi kebutuhan warga sekitar. Saat memulai bisnis toko kelontong seorang ibu rumah tangga tentu harus paham kebutuhan apa yang sering dicari dan begitu dibutuhkan oleh warga sekitar. Seperti kebutuhan pokok sehari-hari, bumbu dapur, camilan, gas, galon dan sebagainya.
Sambil mengurus rumah, toko kelontong ini tentu mudah dijalankan. Selain itu ibu rumah tangga juga bisa melibatkan anggota keluarga dalam bisnis toko kelontong. Misalnya anak bisa ikut melayani pembeli. Dengan begitu anak justru mendapat ilmu baru, belajar berbisnis dari kecil.

5. Jasa Jahit

Jika punya keahlian menjahit, membuka jasa jahit bisa menambah penghasilan. Tentunya jasa jahit ini bisa dilakukan dari rumah. Dengan modal mesin jahit, seorang ibu rumah tangga bisa memulai bisnisnya.
Kebutuhan orang-orang akan fashion menjadikan jasa jahit ini sering dicari. Mulai dari memesan pakaian jahit untuk sekolah, kondangan bahkan untuk mereparasi pakaian sehari-hari. Ibu rumah tangga tinggal mengatur waktu saat menjahit dan waktu untuk kegiatan rumah. Jika hasil yang dibuat sangat digemari maka pelanggan akan banyak yang datang. Artinya pendapatan keluarga pun jadi bertambah.

Ibu rumah tangga tinggal mengatur waktu dan rajin dan ulet dalam berbisnis maka hasil yang didapat pun akan sebanyak usaha yang telah dilakukan. Ternyata menjadi ibu rumah tangga tetap bisa produktif jika mampu memulai bisnis dari rumah.